Semangat Pagi Indonesia!

Penari tradisional Bali dalam ragam budaya Indonesia. (dok. pribadi)
Penari tradisional Bali dalam ragam budaya Indonesia. (dok. pribadi)

 

Selamat datang para Sahabat Indonesia di PORTAL DAMAI INDONESIA .

Ikut bangga menjadi bagian dari sebuah situs anak negeri yang menyebarkan virus perdamaian untuk Indonesia. Tanah tumpah darah yang kita junjung tinggi kehormatannya di mata manusia dan di hadapan Allah seru sekalian alam. Menjaga sebuah warisan agung kemerdekaan yang diperoleh bukan dengan mudah. Namun penuh dengan tangis dan doa yang mengalir, darah yang tertumpah, serta semangat pantang menyerah para pejuang yang dipertaruhkan. 

Kita pasti tak akan rela, bila negeri yang damai ini tercabik-cabik karena riak-riak sejarah atau perbedaan. Padahal kita tahu, justeru dari perbedaan itulah menjadi modal dasar bersatunya negeri Nusantara ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang ber-Bhinneka Tunggal Ika menjadi bukti bahwa kesatuan rasa dalam perbedaan itulah menjadi perekat kuat wawasan berkebangsaan kita. Maka lewat rangkaian kata dan untaian kalimat inilah, saya ingin kembali mengajak seluruh komponen bangsa untuk menjaga kedamaian ini bersama-sama.

Kembali kepada kalimat-kalimat hikmah yang menggugah semangat kebangsaan kita. Kalimat yang bukan hanya sekedar dibaca lalu dilupakan. Sama sekali bukan. Tapi untaian kalimat yang dibagikan untuk kebaikan dan kedamaian bangsa dan negeri ini. Berikut kalimat hikmah yang bisa kita tularkan untuk Sahabat Indonesia lainnya:

  1. Berhenti besar kepala, mulailah berlapang dada.
  2. Berhenti takabur, mulailah bersyukur.
  3. Berhenti menang sendiri, mulailah berbagi.
  4. Berhenti bersilat lidah, mulailah bermusyawarah.
  5. Stop diskriminasi, mulailah toleransi.
  6. berhenti memaki, mulailah memakai hati.
  7. Berhenti saling merendahkan, mulailah menghormati perbedaan.
  8. Berhenti saling menyakiti, mulailah saling menghargai.
  9. Stop marah-marah, mulailah bersikap ramah.
  10. Berhenti curiga, mulailah menyapa.
  11. Berhenti berseteru, mulailah bersatu.
  12. Berhenti mencari perbedaan, mulailah bergandengan tangan.
  13. Berhenti silang pendapat, mulailah mencari mufakat.
  14. Berhenti bersilat lidah, mulailah bermusyawarah.

Bersama Indonesia, marilah kita berperan aktif untuk Damai Indonesia dalam Gerakan #IniBaruIndonesia. Sebuah gerakan untuk menggugah semangat kebangsaan yang mulai terkikis dengan keangkuhan, egoisme, serta sifat hedonis yang membuat semangat ber-Indonesia tercerabut dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebuah semangat untuk selalu berbagi kebaikan bagi semua tanpa membedakan Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan (SARA).

Kembali kepada kesadaran bahwa kitalah Indonesia itu.